• SELAMAT DATANG DI DUNIA AFLATOUN


     SELAMAT DATANG DI DUNIA AFLATOUN
    Apakah Aflatoun ?
                  Aflatoun child social and financial education     (pendidikan sosial dan finansial anak) adalah dunia pembelajaran anak yang penuh dengan keunikan dalam memperjuangakan hak- hak dan jati dirinya. Aflatoun adalah nama sebuah figur seorang anak bangsa dalam menjelajah berbagai hal yang berkenaan dengan tugas-tugas anak sebagai generasi dan makhluq social. Aflatoun di lambangkan dengan bola api yang mempunyai makna “Bola bentuknya bulat bagaikan bumi menunjukkan penjelajahan para Aflatoun seluas bumi dalam menimba ilmu pengetahuan. Api adalah semangat yang berkobar bagi para Aflatoun dalam memperjuangkan masa depan dan cita-citanya”.
    PEMBELAJARAN AFLATOUN DI MTS AL-FALAH TLANAKAN
                             Aflatoun di MTs Al-Falah Tlanakan menjadi salah satu program pembelajaran anak sejak tahun 2009, merupakan salah satu program yang di peroleh dari kerja sama MTs Al-Falah dengan LAPIS (Learning Asistance Program Of Islamic School) dari Australia. Dan dijadikan sebagai tambahan bidang study muatan lokal disamping ekstrakurikuler pada tanggal  10 Oktober 2009. MTs. Al-Falah Tlanakan adalah salah satu dari 3 MTs. di Kabupaten Pamekasan yang ditunjuk dan dipercaya untuk menjalankan program ini.
                Selama kurang lebih 3 tahun di MTs. Al-Falah Tlanakan Aflatoun menjadi pembelajaran anak yang efektif dalam merangsang kemampuan motorik, psikomotorik dan kognitif bagi anak. Dalam pembelajaran aflatoun anak di perkenalkan dengan berbagai situasi lingkungan, sosial, cinta kebersihan, keterampilan, gemar menabung dan cara berfinansial. Untuk mendukung terhadap aktifitas pembelajaran tersebut juga di bentuk sebuah  CLUB AFLATOUN yang pelaksanaannya di kegiatan ekstrakurikuler, sehingga anak lebih termotifasi untuk  menyalurkan potensi dan bakat yang di milikinya.
                Club Aflatoun di MTs Al-Falah, di bentuk pada tanggal 25 Nopember 2009, dengan struktur organisasi club yang terdiri dari pengurus harian, pengurus departemen dan anggota club. Hal tersebut sudah berjalan 3 priode. Priode pertama 2009/2011 dengan presiden club Siti Ummi Kulsum, Presiden club kedua Siti Rofi’ah periode 2011/2012, presiden club ketiga Immaniyatul Mukarramah (priode sekarang) 2012/2013. Masa jabatan berlaku satu tahun (satu priode) yang diambil dari siswa kelas delapan dipilih secara langsung oleh anggota club dari kelas VII sampai dengan kelas IX .
                Dalam  aktifitasnya Club Aflatoun menyusun program-program secara kondisional, akan tetapi mengacu kepada, empat hak anak, dan penjelajahan fiksi dan fakta yang ada di balik alam semesta, sesuai dengan semboyan aflatoun yaitu  “pisahkan antara hayalan dan fakta, jelajahi, pikirkan, selidiki, bertindaklah”. Adapun empat hak anak yang harus di perjuangkan para aflatoun adalah : 1). Hak Hidup 2). Hak perlindungan 3). Hak Partisipasi dan 4). Hak perkembangan. Sedangkan penjelajahan fiksi dan fakta yang ada di balik alam semesta menyangkut manusia dan kegiatannya, hewan,  tumbuhan dan seluruh isi alam semesta dalam rangka mencari jati diri, keunikan   diri, dan pembangunan mental anak, sebagai generasi dan makhluq sosial. &&&&&&& by bintu nahl zone &&&&&&&&
    MARS  AFLATOUN dengan Birama ampar-ampar pisang.
    >>>>Aflatoun-aflatoun bersinar sepanjang jalan ,                                                               betapa riang jadi Aflatoun seharian.                                                                                       Aku Aflatoun sinarku sangat terang                                                                                         bawa riang untuk semua siang dan malam
                Kau pendek atau tinggi kita tak ada beda                                                                           kampung ataupun kota kita sama saja                                                            
                Uang ada dua bentuk koin dan kertas
                Gunakan seperlunya utamakan menabung 2X
                                   ********
    DOKUMENTARIA  KEGIATAN CLUB AFLATOUN
    SANTUNAN ANAK ANAK YATIM
               Kegiatan santunan anak yatim, merupakan kegiatan pertama yang di gelar oleh club Aflatoun MTs Al-Falah Tlanakan sejak Club Aflaton dibentuk. Sampai periode sekarang kegiatan ini sudah digelar sebanyak 3 kali. Pertama pada tanggal 27 Desember 2009, kedua tanggal 16 Desember 2010, ketiga 5 Desember 2011. Dalam pelaksanaan kegiatan santunan anak yatim yang di gelar setiap tahun ini juga dalam rangka memperingati hari Asyura tanggal 10 Muharrom tahun Hijriyah, karena pada hari tersebut terdapat sunnah Rasul SAW mengusap sebagian rambut kepala anak yatim sambil memberi shadaqah sekedarnya. Disamping juga para aflatoun diperkenalkan bagaimana siswa berinteraksi dengan masyarakat, kepedulian sosial, kepedulian terhadap para anak yatim yang ada di sekitar lingkungan mereka. Para Anak Yatim yang direkrut dalam kegiatan santunan diambil dari enam Desa dilingkungan  wilayah kecamatan tlanakan, yaitu Desa Branta Tinggi, Larangan Tokol,  Panglegur,  Ceguk, Tlanakan,  Gugul. Masing2 Desa diminta mengirim 1 orang anak yatim. Bentuk santunan yang diberikan berupa Uang, bingkisan seperangkat alat-alat sekolah, dan snak.
    PAMERAN SENI KRIA
             Pameran seni kria diadakan sebagai realisasi dari program Departemen pengembangan minat dan Bakat Club Aflatoun. Seni Kria diartikan mengolah bahan-bahan mentah menjadi sesuatu yang bisa dinikmati (rumusan filusuf seni Plato dari Yunani). Di kegiatan Pameran ini para Aflatoun (siswa MTs Al-Falah) di bina untuk dapat berolah seni eksperesif demi merangsang kemampuan mereka dalam berkarya. Hasil karya para siswa yang dipamerkan di stand pameran, diantaranya aneka rangkaian bunga, koset, aneka aksesoris, aneka masakan murah meriah, dll.
               Kegiatan Pameran yang di adakan Club Aflatoun sudah di gelar dua kali, pertama  pameran seni Kria sebagai bukti Laporan fisik dalam rangka kunjungan kerja Tim Koordinator LAPIS dari Jakarta pada tanggal 21 April 2010. Pameran Seni Kria kedua diadakan dalam rangka berfinansial yang digelar pada tanggal 28 April s/d 29 April 2012. Pelaksanaannya bekerja sama dengan OSIS MA AL-Falah dan IPNU/IPPNU Tlanakan. Dalam hal ini para Aflatoun juga di perkenalkan bagaimana cara memperoleh uang dan mengelola dana keuangan dengan benar.  **.
                           

0 komentar:

Posting Komentar