• SEKILAS SEJARAH BERDIRINYA YAYASAN AL-FALAH


    Pada tahun 1952 di Desa Branta Tinggi berdirilah sebuah masjid yang diberi nama Masjid Al-falah yang pengelolanya ditangani oleh dua orang kyai bersaudara yaitu, K.Jalaluddin dan K.Abdurrohman.
    Pada awal berdirinya masjid ini, selain di tempati sholat Jum’at juga dijadikan sarana untuk mengaji Anak-anak sekitar masjid, untuk pengajian anak-anak disini diasuh oleh K. Ahmad Zubair putra dari K.Jalaluddin, sedangkan yang menangani ketakmiran masjid adalah KH. Abdul Ghafur Putra dari K. Abdurrohman.
    Dan perkembangan selanjutnya, karena banyaknya santri yang mau belajar mengaji maka pada tahun 1965 didirikan Pondok Pesantren Al-Falah yang diasuh oleh K. Ahmad Zubair. Kemudian pada tahun 1980 didirikan Madrasah Ibtida’iyah Nurul Jadid Oleh KH. Abu Yazid Putra dari K. Jalaluddin. Pada tahun 1989 didirikan Madrasah Tsanawiyah Al-falah oleh KH. Ach. Zaini Putra dari KH. Abu Yazid dan dibantu Oleh Drs. Abd. Hamid Zubair Putra dari K. Ahmad Zubair dan dilanjutkan dengan berdirinya Madrasah Aliyah Al-Falah pada tahun 1990.
    Pada Tanggal 1 Oktober 1990 M. Bertepatan dengan tanggal 12 Robi’ul Awal 1411 H, berdirilah sebuah yayasan yang diberi nama “YAYASAN AL-FALAH” yang diambil dari nama Masjid Al-Falah dengan maksud masjid sebagai sentral kegiatan keagamaan, Kemasyarakatan dan kemanusiaan dan untuk pertamakalinya KH. Ach. Zaini ditunjuk sebagai ketua Umum Yayasan Al-Falah. Yayasan ini bergerak dibidang keagamaan, Pendidikan, Sosial dan kemanusiaan.
    Sejak saat itulah yayasan ini mulai mengalami perkembangan yang sangat menggembirakan karena pada tahun 1992 didirikanlah Taman Kanak-Kanak, kemudian pada tahun 2001 yayasan Mampu Mendirikan Koperasi Pesantren sebagai Jumlah Anggota sebanyak 75 Orang

0 komentar:

Posting Komentar